7 Faktor Yang Menentukan Biaya Pasang Iklan Instagram 

biaya pasang iklan instagram

Kabar gembira bagi pebisnis baik pemula atau yang sudah lama berkecimpung, baik dari kalangan kecil hingga menengah. Karena saat ini membuat iklan tidak lagi sulit dan mahal, seperti iklan di TV, radio. billboard dan sebagainya. Kini Instagram hadir bukan hanya sebagai aplikasi sosial media yang dapat digunakan untuk membagikan moment dalam bentuk gambar dan video saja. Tetapi juga terdapat fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat iklan yang bermanfaat dengan bisnis yang dijalankan. Biaya pasang iklan Instagram pun terbilang sangat terjangkau, sehingga sangat bermanfaat bagi bisnis kelas menengah kebawah untuk meningkatkan bisnisnya.

Pengguna Instagram di Indonesia ini memang sangat besar, sehingga sangat efektif untuk membuat iklan. Disamping itu juga mampu menjangkau target audiens yang lebih tepat dan juga lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat. Dengan banyaknya pengguna media sosial satu ini dan juga waktu yang selalu diluangkan untuk berselancar di dalamnya, membuat peluang iklan untuk dilihat juga semakin besar. Dengan begitu efek dari pemasangan iklan akan dapat dirasakan secara real time.

7 Faktor Penentu Biaya Pasang Iklan Instagram 

Pada dasarnya anggaran biaya dalam membuat iklan di Instagram memang kita sendiri yang menentukannya. Namun besarnya harga yang harus dibayarkan tetap Instagram yang menentukan. Hal inilah yang menyebabkan setiap iklan memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut ini 7 faktor penentu biaya pasang iklan Instagram, yaitu:

1. Faktor relevansi iklan

Hal yang mempengaruhi biaya pasang iklan Instagram yang pertama yaitu dari relevansi iklan yang dibuat. Jika banyak pengunjung yang menanggapi iklan secara positif, maka peningkatan terhadap skor relevansi otomatis akan terjadi. Faktor ini ditentukan dari adanya jumlah pengguna yang melakukan berbagai bentuk interaksi, baik mengklik, berkomentar atau menyukai iklan. Jika kamu ingin memiliki iklan yang lebih relevan, maka kamu harus melakukan pembayaran yang dapat dikatakan mendekati jumlah minimum. 

2. Faktor bid amount (jumlah penawaran)

Faktor kedua yaitu bis amount atau jumlah penawaran. Perlu diketahui bahwa semakin besar penawaran pada Instagram Ads, maka semakin besar biaya yang perlu dianggarkan. Namun setelah penyebaran iklan yang dilakukan juga akan semakin besar. Sederhananya, faktor biaya iklan juga menentukan seberapa jauh jangkauan serta seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. 

3. Faktor penawaran dan permintaan

Faktor ketiga yang dapat menentukan biaya pasang iklan Instagram yaitu penawaran dan permintaan atau sering disebut dengan supply dan demand. Faktor ini berperan dalam kompetisi yang mempengaruhi biaya Instagram Ads. Ketika kamu mulai menjangkau demografi tertentu dengan kompetitor yang mengincar audiens yang sama. Disaat itu Instagram akan menerapkan harga yang berbeda. Namun jika kamu melakukan penawaran yang lebih tinggi, maka secara otomatis posisi iklan akan berada di posisi teratas mengalahkan iklan yang menawarkan harga yang lebih rendah. 

4. Faktor perkiraan tindakan (Estimated Action Rates)

Faktor perkiraan tindakan atau estimated action rate merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan biaya iklan di Instagram. Estimasi disini maksudnya apakah seseorang akan melakukan interaksi berupa tindakan seperti klik atau yang lain setelah melihat dan meninjau iklan tersebut. 

5. Faktor Gender

Gender atau jenis kelamin juga sangat menentukan biaya yang harus dibayarkan pada iklan di Instagram. Kita semua tahu bahwa pengguna Instagram paling banyak adalah perempuan. Oleh karena itu harga iklan juga sangat dipengaruhi oleh faktor gender. Dimana jika iklan cenderung mengarah konsumen wanita, maka harga akan lebih tinggi daripada iklan yang memiliki target laki-laki. 

6. Faktor prime time

Waktu juga mempengaruhi penentuan biaya pasang iklan di Instagram. Harga yang ditetapkan akan berbeda di setiap waktu, terutama ketika prime time. Iklan akan memiliki harga yang lebih tinggi ketibang waktu baisa lainnya. Sebagai contohnya, harga iklan di akhir pekan atau libur nasional akan lebih mahal jika dibandingkan dengan hari kerja seperti biasa. 

7. Faktor target market

Faktor terakhir yang menentukan biaya pasang iklan Instagram yaitu dari target market yang dituju. Karena platform Facebook sendiri telah memberlakukan harga Instagram Ads yang lebih tinggi untuk beberapa usaha. Hal ini terlihat jelas pada persaingan jenis usaha, seperti fashion, kecantikan dan kesehatan. Sehingga pemilik bisnis seperti itu harus membayar lebih untuk memasang iklan di Instagram. Hal ini disebabkan karena bisnis tersebut memiliki target market yang sangat luas. 

Berapa Biaya Pasang Iklan Instagram yang Perlu Dibayarkan?

Biaya tentu selalu menjadi pertimbangan utama dalam melakukan apapun termasuk ketika akan memasang iklan di Instagram. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi harga yang perlu dibayarkan. Namun kamu tetap dapat mengatur sendiri berapa minimal dan maksimal anggaran yang akan digunakan. Sehingga tidak akan menuntut kamu untuk mengeluarkan nominal yang besar untuk pemasangan iklan. Hanya saja mungkin anggaran akan lebih cepat habis jika, jika harga yang ditetapkan oleh Instagram cukup mahal. Namun jangan khawatir, akan tetap ada cara untuk memaksimalkan iklan dengan budget yang terbatas.

Pada tahun 2022 biaya minimal iklan di Instagram yaitu Rp 25.000,- per hari. Namun harga tersebut tidak dapat digunakan sebagai patokan utama dalam pembayaran iklan. Karena kita juga tahu bahwa banyak hal yang mempengaruhinya. Pada intinya semakin banyak target audiens yang dinginkan dan semakin tinggi persaingan. Harga yang dikenakan juga akan semakin tinggi. Jadi tidak ada patokan umum mengenai biaya pasang iklan Instagram

Dalam pembuatan iklan, maka harga yang murah bukan utama untuk mengukur kesuksesan iklan tersebut. Melainkan iklan yang mampu mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Nah berikut ini beberapa tips menghemat biaya namun iklan tetap efektif, yaitu:

  • Pilih target audiens yang tepat

Tips pertama yaitu dengan memilih target audiens yang lebih spesifik. Hal ini akan membuat iklan yang buat, muncul pada Instagram target audiens yang memiliki peluang untuk menjadi pelanggan yang lebih besar. Misalnya dari demografi, usia, minat, jenis kelamin dan sebagainya.

  • Tentukan lokasi yang lebih tepat

Untuk dapat menghemat biaya pasang iklan Instagram, maka tentukan lokasi iklan dengan lebih tepat baik dalam kota maupun provinsi. Hal ini akan lebih membantu dalam mempersempit target yang diinginkan. Sehingga biaya yang diperlukan juga tidak akan terlalu besar, seperti ketika lokasi yang dipilih lebih luas. 

  • Tentukan tujuan iklan

Menentukan tujuan dari iklan yang dibuat merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan dengan baik. Karena dari situ kamu akan tahu apakah iklan berhasil atau tidak. Selain itu ketika pendaftaran Instagram Ads akan ditanya mengenai tujuan iklan. Baik untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand awareness, dan berbagai tujuan lain. 

  • Siapkan konten yang menarik

Dalam pembuatan iklan pun juga harus menggunakan konten yang menarik. Karena kebanyakan audiens akan melakukan skip pada iklan yang tidak menarik karena dianggap mengganggu. Hal ini tentu akan membuat biaya pasang iklan Instagram terbuang secara percuma. Untuk itu maksimalkan konten yang digunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *